Seperti Apa Sajakah Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh? Yuk, Kita Cari Tahu

Nyaman, Ini 10 Pose Yoga yang Bisa Bikin Kurus Tanpa Perlu Kerja Keras


Yoga adalah salah satu jenis olahraga ringan yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat modern. Bahkan, kepopuleran yoga saat ini tidak hanya terkenal di kawasan perkotaan saja, melainkan sudah merambah ke kawasan pedesaan. Jika kita amati, ternyata kebanyakan orang yang melakukan olahraga yoga itu adalah kaum perempuan. Lantas, mengapa kegiatan yoga sangat diminati oleh kaum perempuan? Salah satu yang menjadi alasan mengapa olahraga yoga digemari kaum perempuan, yakni dikarenakan kegiatan yoga ini tidak membutuhkan energi yang banyak. Tak hanya itu, daya tarik dari kegiatan yoga juga dikarenakan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh lho. Nah, sebelum membahas tentang manfaat yoga, mungkin ada baiknya jika kita kenali dulu awal mula olahraga yoga tersebut. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Sejarah Yoga

Menurut informasi yang didapat, kegiatan yoga ini berasal dari negeri Bollywood, India, yang sudah ada sejak ribuan tahun silam lalu. Ya, masyarakat dikawasan Hindustan mempercayai, bahwa meditasi ini merupakan cara pendekatan manusia dengan sang pencipta. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut lagi, ternyata kegiatan yoga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kata yoga ini diambil dari bahasa Sansekerta yaitu “Yuj”, yang artinya penyatuan jiwa, kesadaran yang tak terbatas, dan kesadaran yang universal Ilahi. Adapun mengenai berbagai macam jenis yoga yang harus kalian ketahui seperti di bawah ini :

1. Yoga Kundalini

Jenis yoga yang pertama ini juga berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya adalah Gulungan yang bentuknya menyerupai gerakan ular fleksibel. Selain melibatkan unsur gerakan dan meditasi, yoga kundalini ini juga akan diiringi sebuah musik. Konon, musik inilah yang diyakini dapat meningkatkan tenaga dalam yang ada pada bagian bawah tulang belakang.

2. Yoga Hatha

Jenis yoga yang kedua ini terdiri dari kelas pengantar, teknik pernafasan, dan postur dasar yoga. Jenis yoga hatha ini lebih mengutamakan pada aspek fisik, daripada aspek mental.

4. Yoga Ashtanga

Apakah anda memiliki masalah dengan kondisi sendi dan otot? jika iya, maka jenis yoga ashtanga sangat tidak direkomendasikan. Pasalnya, jenis yoga ashtanga ini terdiri dari 6 seri postur yoga, yang dilakukan dengan kuat, menantang, dan tanpa henti.

5. Yoga Bikram

Menurut kabar yang beredar, jenis yoga bikram ini harus dilakukan di ruangan panas yang suhunya mencapai 40,6 derajat celcius dengan kelembaban 40 %. Selain itu, yoga bikram tersebut terdiri dari 26 gerakkan dan metode pernafasan.

5. Yoga Power

Apabila dilihat dari gerakkan dan metodenya, jenis yoga power ini sangat mirip dengan jenis yoga ashtanga. Ya, terang saja demikian, sebab jenis yoga power ini adalah adaptasi dari jenis yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980an.

Manfaat Yoga

1. Dapat meningkatkan kekuatan tubuh.

2. Dapat meningkatkan focus dan kesabaran.

3. Dapat memelihara keseimbangan tubuh.

4. Dapat melenturkan tubuh.

5. Dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih baik.

6. Dapat meningkatkan mental.

7. Dapat mengurangi rasa stress.

8. Dapat meningkatkan kualitas tidur.

9. Sebagai relaksasi.

10. Mengurangi rasa cedera.

11. Melancarkan sistem pencernaan.

12. Memelihara berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan setelah melakukan yoga. Bagaimana, apakah saat ini anda tertarik untuk melakukan olahraga yoga?

no comments

Leave me comment