4 Cara menata Gudang Rumah Agar Rapih dan Bersih

Gudang selalu berantakan, “ ya iyalah namanya juga gudang”. Mulai sekarang buang jauh kata kata itu. Gudang memang selalu menjadi tempat untuk menyimpan barang barang yang sudah tidak terpakai atau sudah tidak layak. Seperti sepatu yang sudah rusak, buku majalah lama, koran, botol kaca, fan masih banyak lagi. Bukan berarti gudang harus selalu dalam keadaan berantakan dan kotor. Mungkin sebagian besar dari kita menganggap gudang itu sebagai tempat berkumpulnya hewan hewan jorok dan sumber penyakit. Tentu saja itu dikarenakan kita yang malas untuk membersihkan dan menata gudang. Tanpa banyak basa basi lagi, disini akan saya sampaikan 4 cara menata gudang rumah agar rapih dan bersih.

  1. Periksa Kebersihan Gudang

Ada pepatah mengatakan “ kebersihan adalah pangkal Kesehatan “ . kita bisa lakukan dengan cara mengeluarkan dulu barang barang di dalam gudang, kemudian sapu semua kotoran dan debu pada setiap sudut gudang. Lalu pel semua lantai gudang hingga bersih. Kemudian bersihkan dinding dinding bagian gudang menggunakan sapu dan sekop. Lakukan bersih bersih gudang ini setiap 3 bulan sekali.

  1. Cermati Usia Barang

Beberapa barang memiliki nilai pakai usia kadaluwarsa. Misalnya barang elektronik, biasakan membuang meloak, atau mendaur ulang kembali barang seperti kardus kardus bekas. Jika ada barang yang bisa dijual kembali, kita bisa mengumpulkannya dan menjualnya ke pengepul barang barang rongsok.

  1. Memisahkan Barang Sesuai Fungsi

Untuk memudahkan penyimpanan dan pencarian, maka pisahkanlah barang barang sesuai fungsi, seperti pernak pernik hari raya kedalam sebuah kardus. Jika suatu saat kita membutuhkannya lagi, kita tidak perlu pusing lagi mencari barang barang tersebut.

  1. Memberi Label Atau Tanda

Hal ini juga untuk memudahkan pencarian barang barang yang ada didalam gudang, seperti memberikan tulisan pada kardus.

no comments

Leave me comment