4 Fakta Seputar Negara Checnya

Sebagian besar dari kita, mungkin belum begitu familiar dengan nama Checnya. “yaps” Checnya merupakan sebuah negara kecil, yang dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan Kaukasus. Pasca runtuhnya negara Uni Soviet, banyak negara-negara kecil yang mendklarasikan dirinya sebagai negara merdeka. Mulai dari Rusia, Georgia, Ukraina, hingga Checnya. “Untuk lebih jelasnya lagi”, berikut ini akan saya sampaikan 4 fakta seputar negara Checnya.

  1. Dikelilingi Oleh Pegunungan dan Perbukitan

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa negara Checnya dikelilingi oleh pegunungan Kaukasus yang membentang. Selain pegunungan, perbukitan-perbukitan pun tampak mendominasi negara Checnya bagian Selatan.

  1. Checnya Kaya Akan Minyak

Itu sebabnya mengapa Rusia enggan melepaskan Checnya dari bagian negaranya. Ternyata Checnya yang wilayahnya sangat kecil, kaya akan minyak. Selain kaya akan minyak, Checnya juga kaya akan gas alam.

  1. Perang Checnya dan Rusia

Faktor ini merupakan imbas dari point nomor 2, dimana perang besar terjadi antara Checnya dengan Rusia. Meskipun Rusia dilengkapi dengan senjata-senjata canggih serta didukung oleh ratusan ribu militer, namun Rusia tak mampu menguasai negara Checnya yang wilayahnya kecil itu.

  1. Mayoritas Pemeluk Agama Islam

Sejarah agama islam mulai memasuki negara Checnya, yakni saat pasukan Turki Ottoman berhasil menaklukan kawasan Eropa Timur. Dan pada saat itu pula, seluruh rakyat Checnya memeluk agama islam dan berbaiat kepada kerajaan Turki Ottoman.

no comments

Leave me comment