4 Jenis Hijab yang Dipakai Wanita

Hijab adalah sebuah kain yang menutupi kepala wanita. Saat ini ada berbagai jenis hijab yang dapat anda temukan di toko hijab online ataupun toko hijab offline. Pada umumnya, kita hanya mengetahui 2 jenis hijab, yaitu hijab segi empat dan hijab pashmina. Namun ternyata, hijab dan pashmina dapat disebut sebagai satu jenis hijab yang sama.

Secara umum, ada 4 jenis hijab yang telah dipakai oleh wanita di seluruh dunia sejak lama. Berikut ini adalah beberapa jenis hijab yang dikenakan muslimah di seluruh dunia:

  • Burqa

Banyak orang mengira bahwa burqa dan cadar adalah hal yang sama. Tetapi, burqa adalah cadar yang menutupi seluruh wajah hingga mata. Akan tetapi, meskipun menutupi bagian mata, burqa di bagian mata dibuat dengan kain semi transparan sehingga wanita yang menggunakan burqa masih dapat melihat. Selain itu, burqa memiliki panjang hingga mencapai lutut kaki. Hijab jenis burqa banyak digunakan oleh wanita Afghanistan.

  • Niqab

Hampir mirip dengan burqa, niqab adalah hijab yang menutup bagian wajah wanita, kecuali bagian mata. Niqab merupakan kain penutup aurat yang umum disebut sebagai cadar. Saat ini, pemakaian niqab di Indonesia telah menjadi sebuah tren tersendiri. Mencari niqab di toko hijab online juga lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu.

  • Hijab

Hijab adalah kain atau syal yang digunakan untuk menutupi rambut, telinga, serta leher wanita, dan tetap membiarkan bagian wajah terbuka sepenuhnya. Kain penutup aurat dengan model hijab ini adalah model yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Selain itu, hijab juga memiliki berbagai model yang senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan tren hijab dunia.

  • Chador

Chador banyak digunakan oleh wanita Iran. Chador merupakan kain penutup aurat yang panjangnya menutupi tubuh seperti jubah. Saat mengenakan chador, tangan wanita akan menahan bagian depan agar selalu tertutup.

Itulah beberapa jenis hijab yang biasa digunakan di seluruh dunia. Anda dapat menggunakan jenis hijab manapun yang membuat anda nyaman. Beberapa jenis hijab juga dapat dengan mudah anda temukan baik di toko hijab online ataupun di toko hijab offline.

no comments

Leave me comment