Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Jengkol Dan Manfaatnya?

1. Bolehkah ibu hamil mengonsumsi jengkol

Jengkol ini merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Rasanya yang enak jengkol ini banyak sekali peminatnya, terutama di wilayah Jawa Barat dimana masyarakatnya mengkonsumsi jengkol hingga mencapai 100 ton per hari. Jengkol ini bisanya dimakan sebagai lalapan dengan cara dimakan langsung atau digoreng terlebih dahulu, dan dengan cara di balado.

Namun yang menjadi pertanyaannya disini, bolehkah ibu hamil makan jengkol? Lantas, manfaat apa sajakah yang akan di dapat? Nah untuk itulah dalam tulisan kali ini akan membahas tentang kebolehan ibu hamil menkonsumsi jengkol beserta manfaatnya sebagai berikut :

Jengkol ini memiliki kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan tubuh bagi ibu hamil. Jadi jengkol boleh dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan tidak berlebihan dan dimasak terlebih dahulu supaya racun-racunnya tidak menempel.

Adapun Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil adalah sebagai berikut:

  1. Memenuhi Kalsium

Jengkol ini bisa memberikan kalsium, kalsium ini berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi dan juga bisa berguna bagi ibu hamil dalam pemeliharaan otot.

  1. Penangkal Osteoporosis

Kalsium pada jengkol bisa mencegah osteoporosis pada ibu hamil dan paska melahirkan.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pada masa kehamilan yang menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil, dimana ibu hamil sering sulit buang air besar. Dengan mengkonsumsi jengkol yang memiliki khasiat untuk mencegah sembelit sehingga ibu hamil bisa buang air besar dengan lancar.

  1. Sebagai Sumber Energi

Manfaat berikutnya dari mengonsumsi jengkol bagi para ibu hamil, yakni berfungsi sebagai sumber energi. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kondisi stamina tubuh ibu hamil itu selalu mudah kelelahan. Namun dengan mengonsumsi jengkol yang sesuai porsinya, maka stamina tubuh ibu hamil akan kembali pulih. Mengapa bisa demikian? pasalnya, hal itu dikarenakan jengkol memiliki kandungan frutkosa, surkrosa, dan juga glukosa.

  1. Bagus Untuk Perkembangan Janin

Tak banyak orang yang tahu, bahwa mengonsumsi jengkol itu sangat bagus untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jengkol ini juga dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi pada bayi saat masih didalam rahim lho.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan ibu hamil rasakan setelah mengonsumsi jengkol. Dengan kata lain, para ibu hamil tidak perlu ragu saat hendak memakannya.

 

no comments

Leave me comment