Cara Menciptakan Kamar Mandi Yang Nyaman

Kamar mandi adalah ruang vital yang harus ada di setiap rumah. Meski sekecil apapun rumahnya, namun kamar mandi tetap adalah kebutuhan utama bagi para penghuninya. Meski sempit dan kecil, fungsi kamar jangan dihilangkan. Penting diketahui jikalau ruang pribadi satu ini memiliki 3 fungsi utama, kecuali untuk membersihkan diri dan buang hajat, kamar mandi sering dibuat jadi tempat relaksasi. Namun, bagaimanakah cara membuat kamar mandi yang nyaman dan sehat?

Kamar mandi adalah ruang pribadi paling nyaman, terutama bagi para wanita Untuk itu, perlu menyiasati kamar mandi guna memperoleh segi kenyamanan yang optimal untuk penggunanya. Lalu, cara menciptakan kamar mandi yang sehat itu seperti apa?  Cara simpel dapat dengan mengatur ruang semaksimal mumgkin berdasarkan kebutuhan pemiliknya. Meski kecil, kamar mandi mesti tetaplah fungsional sehingga kehadirannya bisa menjadi tempat kesenangan untuk sang empunya.

Menurut fungsinya, kamar mandi bisa dibedakan menjadi dua. Kegunaan pertama adalah kamar mandi basah, umumnya ada bak penampung air. Kamar ini dipakai untuk membersihkan badan atau mandi sehingga disebut juga kamar mandi basah.

Kegunaan kedua adalah kamar mandi kering. Kamar ini terpisah dari kamar mandi basah sebab gunanya cuma sekadar mengeringkan badan setelah mandi atau biasa cuma dipakai sebagai tempat bersolek. Kedua area ini dipisahkan oleh penyekat (tirai atau partisi) di tempat kamar mandi untuk membedakannya.

Kamar mandi yang nyaman mesti dilengkapi dengan adanya sirkulasi udara. Tujuan dihadirkannya ventilasi adalah tentu saja untuk menangani kelembaban. Mesti ada juga sirkulasi cahaya matahari yang dapat langsung masuk ke area itu.

Masuknya cahaya matahari yang memadai akan menyebabkan kamar mandi Anda secara alami menjadi lebih mudah kering. Akibatnya, bakteri, kuman, lumut, dan jamur sulit tumbuh di ruang itu.

Upayakan cahaya yang masuk dapat menyinari ruangan secara merata supaya fungsinya dapat jadi pencahayaan alami. Hal yang dapat dilakukan untuk itu adalah dengan penerapan balok kaca (glassblock) yang dipasang di dinding.

Cara lainnya untuk memasukkan sinar matahari, Anda dapat meletakkan genteng kaca. Tentunya bagian plafon yang berada di bawah genteng kaca itu mesti memakai kaca es pula untuk menembuskan cahaya.

Ventilasi langsung merupakan syarat wajib guna menciptakan kamar mandi yang nyaman dan sehat. Bila tidak memungkinkan, pakai saja exhaust fan yang terhubungkan secara otomatis dengan bantuan sakelar lampu. Pembuangan sirkulasinya dapat ditujukan ke atas, yakni ke ruangan di atas plafon tersebut.

Demikianlah beberapa cara menciptakan kamar mandi yang nyama. Jadi, untuk membuat kamar mandi tidak usah luas asalkan butir-butir di atas harus Anda penuhi.

no comments

Leave me comment