Dieng Culture Festival Atau DCF Event Tahun Untuk Mempromosikan Industri Pariwisata Dieng

Dieng Culture Festival atau DCF adalah sebuah agenda tahunan yang memang dirancang khusus untuk mempromosikan industri pariwisata Dieng. Event tahunan ini selain bertujuan untuk memperkenalkan sejumlah objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Dieng, tetapi juga untuk melestarikan budaya lokal yaitu tradisi ruwat rambut gimbal. Yang membuat Dieng terkenal tidak hanya keindahan alamnya saja tetapi juga dikenal dengan tradisi unik yaitu pemotongan rambut gimbal. Sudah banyak orang yang mengetahui tentang fenomena rambut gimbal didataran tinggi Dieng tersebut, yang hingga saat ini masih dipercaya oleh warga setempat sebagai hal mistis. Warga Dieng mempercayai jika anak anak yang berambut gimbal adalah titisan atau ada kaitannya dengan Kyai Kolodete yang merupakan salah satu tokoh mistis yang dipercaya sebagai pendiri Dieng.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal hal mistis tersebut, hingga saat ini tradisi ruwat rambut gimbal tersebut masih saja menarik perhatian wisatawan. Sehingga tidak heran jika Dieng Culture Festival atau DCF akan selalu diburu oleh para wisatawan dari berbagai negara. Dieng Culture Festival atau DCF sudah dianggap menjadi salah satu event yang berkelas internasional, yang dikemas dengan sedemikian rupa dan pastinya akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Dibutuhkannya biaya yang fantastis untuk event tersebut akan sebanding dengan suguhan atraksi yang sangat spektakuler.

Dan ditahun ini Dieng Culture Festival 2019 seperti pada tahun tahun yang sebelumnya digelar pada musim kemarau. Dimana pada saat musim kemarau biasanya di Dieng sangat dingin, dan bahkan tidak jarang hingga mencapai minus 4 derajat celcius. Lalu acara apa saja yang akan disajikan didalam Dieng Culture Festival atau DCF 2019?

Untuk jadwal acara Dieng Culture Festival atau DCF 2019, pihak penyelenggara sendiri belum merilisnya secara resmi. Tetapi jika dilihat berdasarkan susunan kegiatan dari penyelenggaraan pada tahun tahun yang sebelumnya, maka dapat diperkirakan berikut jadwal acara Dieng Culture Festival atau DCF 2019 diantaranya yaitu :

  1. Acara Hari Pertama
  2. Pembukaan
  3. Pertunjukkan seni tradisional
  4. Pertunjukkan jazz atas awan
  5. Acara Hari Kedua
  6. Mengelilingi objek wisata Dieng
  7. Pertunjukan seni tradisional
  8. Pesta Lampion dan Kembang Api
  9. Acara Hari Ketiga
  10. Kirab budaya
  11. Rangkaian ritual pemotongan rambut gimbal
  12. Penutup

Seperti yang telah kita ketahui jika Dieng Culture Festival ini adalah event tahunan yang akan diburu oleh para wisatawan dari berbagai penjuru negara. Sehingga tidak heran jika pada saat event tersebut digelar akan ada ratusan ribu pengunjung yang memadati kawasan Dieng tersebut. Hal tersebut pastinya akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan fasilitas dan sarana penkung pariwisata, mulai dari sarana transportasi, rumah makan, penginapan atau akomodasi, dan bahkan akan menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet. Jika kondisi tersebut tidak segera diantisipasi maka pastinya akan membuat para wisatawan menjadi kurang nyaman, dan bahkan kemungkinannya akan kacaunya semua rangkaian kegiatan yang telah direncanakan jauh jauh hari.

Oleh karena itu untuk bisa memenuhi semua kebutuhan para wisatawan yang ingin mengikuti serangkaian acara Dieng Culture Festival atau DCF 2019, maka akan diselenggarakannya Paket Spesial Dieng Culture Festival atau DCF 2019. Dimana didalam paket tersebut, pihak penyelenggara telah memperhitungkan kemungkinan dari akan terjadinya berbagai resiko dan pastinya sudah dipersiapkannya langkah langkah untuk mengantisipasi dan solusinya.

Nah bagi kamu yang hendak kesana. Sudah pesan beli dancari tiket kereta online di misteraladin.com? Pesan sekarang dan mari kita datang ke DCF!

no comments

Leave me comment