Himbauan Pemerintah Agar Masyarakat Menggunakan Masker Kain

Product Image


Karena jumlah kasus COVID-19 yang dikonfirmasi terus meningkat tajam di beberapa negara di bagian dunia, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sekarang merekomendasikan agar orang memakai masker ketika berada di tempat umum. Pedoman baru untuk mengenakan masker kain nonmedis adalah sangat di anjurkan termasuk di indonesia. dianjurkannya menggunakan masker kain merupakan perubahan untuk CDC, yang sebelumnya mengatakan bahwa orang sehat yang tidak merawat seseorang yang sakit tidak perlu memakai masker wajah untuk melindungi diri dari coronavirus baru. 

The World Health Organization  terus berdiri dengan saran sebelumnya, bahwa masker medis digunakan oleh petugas kesehatan di fasilitas kesehatan dan oleh orang-orang di masyarakat yang sakit dan orang-orang yang peduli untuk mereka. Tetapi sementara mencatat bahwa penelitian untuk mendukung penggunaan masker yang tersebar luas di masyarakat masih terbatas, organisasi itu sekarang mengatakan sedang meneliti masalah ini lebih dalam. Pengumuman CDC datang setelah sejumlah ahli kesehatan mulai menyarankan bahwa kita semua harus memakai masker non medis semacam masker kain. Bahkan, beberapa departemen kesehatan besar, termasuk dari Los Angeles dan New York City , telah menyarankan semua penduduk untuk mengenakan masker ketika berada di depan umum bahkan sebelum CDC mengubah pedomannya.

Pejabat federal menekankan bahwa penggunaan masker harus di samping semua tindakan lain yang saat ini direkomendasikan untuk pencegahan COVID-19, termasuk jarak sosial.

Deborah Birx, MD, koordinator respon coronavirus untuk gugus tugas coronavirus Gedung Putih, mengatakan Kamis malam bahwa orang-orang yang mengenakan masker tidak boleh dibuai dengan rasa aman yang salah, dan harus mengikuti cuci tangan yang rajin, jangan menyentuh wajah, dan tinggal setidaknya 6 kaki jauhnya dari mereka yang tidak tinggal bersama mereka. Sebagian besar orang tidak boleh menggunakan masker medis baik masker bedah atau masker N95, karena masker ini harus diperuntukkan bagi profesional kesehatan yang membutuhkannya untuk melindungi terhadap COVID-19 saat berhubungan dekat dengan pasien. 

Pemerinah indonesiapun sudah merekomendasikan masker sederhana yang dapat dibuat di rumah atau dibeli secara online. bahkan beberapa pejabat-pejabat daerah seperti ridwan kamil yang merupakan gubernur jawa barat menyarankan untuk menggunakan barang-barang rumah tangga biasa seperti syal, bandana, atau kain lainnya untuk digunakan sebagai masker. Barang-barang yang dapat digunakan kembali dan dapat dicuci ini dibuat dari bahan-bahan seperti sisa kain, dan tidak akan lebih menekankan pasokan masker medis. Pakar kesehatan masyarakat juga menekankan bahwa manfaat potensial dari mengenakan masker bukan untuk perlindungan Anda sendiri tetapi untuk melindungi orang lain di sekitar Anda. “Ini untuk melindungi orang-orang di sekitar Anda jika Anda terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala,” menurut situs web CDC.  Itu karena sebagian besar orang dengan COVID-19 mungkin seperempat, menurut beberapa perkiraan, tidak menunjukkan gejala. Tetapi mereka mungkin masih menularkan virus ke orang lain. Inilah yang perlu Anda ketahui sekarang tentang penggunaan masker di tengah pandemi COVID-19.

Apa Perlindungan yang Mungkin Diberikan Masker?

Beberapa ahli mengatakan bahwa tidak ada alasan bagi kebanyakan orang untuk mengenakan masker. “Dalam penelitian yang telah dilakukan, kami tidak melihat adanya manfaat di tingkat masyarakat untuk mengenakan masker,” kata Amanda McClelland, MPH, seorang wakil presiden senior di Vital Strategies, sebuah organisasi kesehatan masyarakat yang berfokus pada ancaman kesehatan global. Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa masker mungkin berguna untuk kelompok ini, meskipun tingkat manfaat potensial tidak jelas. Sebuah tinjauan Cochrane 2011 dari 67 penelitian  menemukan bahwa penggunaan masker, mencuci tangan, dan mengisolasi orang sakit, terutama ketika digunakan bersama-sama, dapat efektif dalam mengendalikan epidemi virus. 

no comments

Leave me comment