Sejarah Singkat Online Shopping di Indonesia


Sejarah singkat online shop Indonesia dimulai saat krisis moneter tahun 1998 menimpa Indonesia dan beberapa negara lain termasuk juga negara maju dunia. Setalah tahhun 1998, banyak toko yang harus memulai semuanya dari nol. Sebagian lagi tidak bisa memulai kembali usaha yang telah bangkrut atau rusak pada era buruk perekonomian tersebut. Hal ini membuat lebih banyak orang menjadi pengangguran.

Akibat dari jumlah mengangguran di Indonesia yang dibekukan, para pengusaha yang masih bisa mengembangkan sedikit demi sedikit idenya mulai memasarkan kembali produk dengan memanfaatkan media cetak maupun elektronik. Pada tahun 2000 an, semakin banyak orang yang menggunakan telepon rumah maupun untuk lembaga tertentu. Kemudian, telepon juga dijadikan salah satu cara melakukan promosi seperti yang saat ini dikenal dengan sistem home shopping.

Dari tahun ke tahun, semakin banyak perkembangan dari segi ekonomi yang menggiatkan para pengusaha. Fitur baru hp yang sudah mulai berwarna dan mempunyai kamera menjadi ladang yang cukup luas untuk berjualan dari hp dengan tawaran SMS, MMS, atau pesan telepon searah. Tidak hanya itu, teknologi internet pun semakin maju dan orang – orang sudah ada yang berjualan melalui Friendster atau email pribadi. Itulah yang menjadi momen menguatnya sistem online shopping Indonesia.

Setelah internet semakin maju, kurang lebih tahun 2010 ke atas mulai banyak orang yang bisa mengakses internet baik dengan hp biasa maupun smartphone. Iklan pun lebih banyak dilakukan karena Facebook sudah semakin populer di kalangan remaja dan orang dewasa. Dari sinilah era online shopping Indonesia dimulai. Era ini mendapat banyak dukungan dari gadget yang juga semakin berkembang.

Semakin banyaknya Twitter, Instagram dan sosial media lainnya membuat lebih banyak orang yang berlomba – lomba untuk saling mengiklankan produk secara online. Bahkan saat ini ada grup khusus di WhatsApp yang menghimpun orang – orang berjualan online untuk berdiskusi tentang marketing, saling menawarkan barang atau bekerja sama di bidang online shop. Jadi, perkembangan online shopping Indonesia memang tidak langsung melejit, tetapi jenis usaha ini merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan dengan menambah penghasilan masyarakat.

no comments

Leave me comment