Fakta-fakta Menarik Mengenai Pisang Cavendish yang Perlu Kamu Ketahui!

            Pisang Cavendish adalah salah satu tanaman pisang yang tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Di Indonesia, pisang ini lebih dikenaldengan sebutan pisang Ambon putih. Pisang yang memiliki nama latin Musa acuminata Cavendish umumnya dikembangbiakkan dengan menggunakan metode kultur jaringan.

            Pisang Cavendish memiliki pohonyang dapat tumbuh dari 2.5 sampai 3 meter. Batangnya berwarna hijau kehitaman serta daunnya berwarna hijau tua. Pisang ini memiliki tandan sebanyak 8 hingga 13 sisir, dan setiap sisir terdapat 12 hingga 22 buah.

            Pisang Cavendish kaya akan kandungan nutrisi. Di dalam pisang ini terdapat:

  • Riboflavin
  • Niacin
  • Serat
  • Protein
  • Zat besi
  • Kalium
  • Folat
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

      Dengan kandungan sebanyak itu, tentunya pisang Cavendish bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sebagai sumber energi, mengobati penyakit Anemia, mengatasi gangguan pada system pencernaan terutama usus, menurunkan risiko diabetes, dan menjaga kesehatan mata dan fungsi otak.

      Selain itu, pisang Cavendish juga memiliki sejumlah fakta-fakta menarik yang jarang orang ketahui, apa saja itu? mari kita simak!

  • Menjadi makanan pokok

Bagi banyaknya masyarakat di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis, pisang menjadi makanan pokok pengganti nasi, singkong, atau gandum, bisa dimakan mentah atau  diolah menjadi hidangan lain. Di beberapa negara Asia, jantung pisang Cavendish populer untuk dijadikan santapan, menurut mereka rasanya mirip dengan artichoke.

  • Bermanfaat untuk membentuk tubuh ideal

Pisang Cavendish diisi dengan Karbohidrat dan serat rendah kalori. pisang ini juga memiliki sejumlah pati resistan. Pati resistan adalah pati yang tidak mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Pisang Cavendish sangat cocok menjadi camilan sebelum dan sesudah berolahraga atau menjadi camilan sedang santai pada sore hari.

  • Terancam punah

Pisang Cavendish tidak bisa berkembang biak secara mandiri, melainkan harus dengan bantuan manusia. Selain itu pisang Cavendish juga rentan terhadap segala penyakit, jamur, atau mutasi genetik.

  • Aroma Pisang Cavendish dapat menambah nafsu makan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Chicago, aroma pisang Cavendish dapat merangsang otak untuk berpikir untuk segera makan sesuatu. Jadi jika anda kehilangan nafsu makan, hirup saja aroma pisang Cavendish.

  • Pisang Cavendish membantu menyegarkan anda setelah bangun tidur

Setelah bangun tidur, disarankan memakan satu buah pisang Cavendish, karena pisang ini mengandung potasium yang berguna dalam menyadarkan anda dari rasa kantuk.

  • Menjadi favorit atlet di seluruh dunia

Semua atlet dari berbagai Negara biasanya memakan pisang sebelum bertanding, terutama pisang Cavendish. Pisang adalah pilihan yang bagus untuk menambah tenaga dan massa otot. Ini penting untuk menjaga stamina saat atlet sedang bertanding.

            Itulah fakta-fakta pisang Cavendish yang perlu kamu ketahui. Saat ini, pisang Cavendish sudah mulai dibudidayakan di Indonesia tepatnya di daerah Banyuwangi. Nantinya jenis pisang ini akan menjadi komoditas ekspor buah di Indonesia.

            Pisang Cavendih juga tidak terlalu mahal, anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional dan  pasar modern bahkan toko belanja daring. TaniHub menyediakan Pisang berkualitas dan pisang-pisang lainnya. TaniHub juga bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya. Oleh karena itu ayo download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone. Temukan juga promo- promo dan informasi menarik lainnya di Instagram @Tanihub sekarang juga!.

SUMBER

https://en.wikipedia.org/wiki/Cavendish_banana

http://www.tidalimpex.com/blog/interesting-facts-about-cavendish-banana/

https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-of-cavendish-banana
https://id.wikipedia.org/wiki/Pati_resistan
https://www.merdeka.com/jatim/4-fakta-pisang-cavendish-buah-favorit-dunia-yang-akan-dikembangkan-di-banyuwangi.

no comments

Leave me comment

two × three =