TIPS MERAWAT KESEHATAN KULIT BAYI YANG SENSITIF

9 Perawatan Rutin Ini Demi Kesehatan Kulit Bayi Kita

Untuk merawat kulit bayi tentu berbeda dengan merawat kulit dewasa. Hal ini disebabkan karena kulit bayi sangat sensitif dan mudah terkena gangguan. Maka dari itu, perawatan kulit bayi harus telaten dan sangat perlu diperhatikan agar kesehatan kulit si bayi tetap terjaga.

Sebagai orang tua, kita harus menjaga dan merawat kulit si bayi agar tidak terjadi gangguan seperti gatal-gatal, ruam dan timbul bintik merah. Untuk itu kami akan berikan tips merawat kesehatan kulit bayi yang tepat. Simak ya bun !

1. Hindari kulit bayi dari paparan sinar matahari

Bayi baru lahir tentu memiliki kulit yang sangat sensitif apalagi bila terkena paparan sinar matahari terlalu sering. Nah untuk bunda yang ingin jalan-jalan membawa si kecil maka pastikan hindari paparan sinar matahari terhadap kulit bayi. Karena jika sering terkena sinar matahari maka dapat memicu munculnya ruam bahkan bisa terbakar. Untuk menghindari sinar matahari, kenakan pakaian yang bisa menutupi bagian kulit si kecil dan perlengkapan lainnya agar sinar matahari tidak langsung mengenai kulit bayi.

2. Berusahalah untuk selalu mengganti popok

Sebagai orangtua yang baru memiliki anak mungkin masih banyak belajar mengenai kebutuhan si Kecil, termasuk dalam menggunakan popok yang tepat. Pada saat bunda rajin mengganti popok bayi maka sangat bermanfaat untuk menghindari bayi dari iritasi kulit. Oleh karena itu biasakan mengganti popok ketika sudah penuh atau kotor agar kulit bayi tetap terjaga dan terhindar dari ruam popok.

3. Menjaga kulit bayi tetap lembap

Seperti yang sudah diketahui kalau kulit bayi yang tetap dalam keadaan lembab dapat mencegah terjadinya iritasi, ruam dan gatal-gatal pada kulit. Jika bunda ingin selalu menjaga kulit bayi tetap lembab, ada baiknya selalu mengoleskan lotion atau produk yang ramah terhadap kulit bayi untuk menjaga kelembapannya. Berikan juga sentuhan hangat yang bisa menenangkan kulit bayi seperti membelai, memijat dan memberikan sebuah pelukan. Cara seperti ini dapat membuat si Kecil menjadi lebih tenang dan tidurnya terasa nyenyak.

4. Berusaha untuk tidak memandikan terlalu sering

Menurut para ahli, menhindari iritasi atau kulit kering pada bayi yaitu dengan cara tidak terlalu sering memandikan si kecil. Terlalu sering memandikannya hanya akan menghilangkan minyak alami yang dapat melindungi kulit bayi. Kulit anak masih sangat lembut dan rentan mengalami iritasi juga alergi kontak dermatitis. Dengan alasan ini, banyak dokter yang merekomendasikan untuk memandikan bayi hanya sekitar 3 kali seminggu. Terutama pada bayi usia di bawah 12 bulan.

5. Pilihlah produk yang aman untuk kulit bayi

Perlu diketahui kalau pemakaian bedak bayi kerap menjadi kekhawatiran tersendiri untuk para orangtua. Banyak yang tidak ingin kalau anak-anaknya berisiko mengalami gangguan pada sistem pernapasan.

Hal ini juga didukung oleh studi yang dilakukan American Pediatric Association (APA) di tahun 2017. Studi ini merekomendasikan agar tidak menggunakan bedak tabur karena partikel bahan mineral atau talc dapat membahayakan sistem pernapasan bayi. Oleh karena itu dengan banyaknya produk terbaru, sebaiknya bunda harus bijak dalam memilih produk perawatan bayi untuk menjaga dan menutrisi kulit si kecil. Jauhkan perawatan  produk bayi yang mengandung bahan kimia.

Itulah tips merawat kesehatan kulit bayi agar selalu terjaga kelembapan serta menjaga dari alergi kulit sensitif. Sebaiknya bunda memperhatikan kesehatan kulit si bayi agar si bayi tidak rewel jika kulitnya terkena ruam, gatal dan bintik merah.

no comments

Leave me comment

11 + four =